leeffayoon

leeffayoon
SELAMAT DATANG di Blog gue ^_^ Semoga Bisa Menghibur Kalian... #sok imut!! najis lo!! asal lo tau ya , semua konten di sini cuma untuk lucu lucuan ! NGERTI??!!

Sabtu, 02 Juli 2011

Fakta Unik tentang Hujan


Hujan, saya yakin pembaca sekalian pasti sudah tau apa itu hujan kan ?? Pasti sudah pernah pula merasakannya. Tapi, saya yakin sebagian besar dari kita hanya memandang hujan sebagai suatu fenomena alam yang biasa. Tidak ada spesialnya dan memang sudah sepatutnya terjadi dalam dunia ini. Tahukah Anda ?? kalau ternyata ada beberapa fakta-fakta menarik dibalik turunnya hujan.

Berikut ini adalah beberapa fakta menarik mengenai hujan :


1.Pernahkah Anda menghitung berapakah kecepatan hujan turun dari langit ?? Jawabannya adalah rata-rata kecepatan jatuhnya air hujan hanyalah 8-10 km/jam.


2.Air jatuh ke bumi dengan kecepatan yang rendah karena titik hujan memiliki bentuk khusus yang meningkatkan efek gesekan atmosfer dan membantu hujan turun ke bumi dengan kecepatan yang lebih rendah. Andaikan bentuk titik hujan berbeda, atau andaikan atmosfer tidak memiliki sifat gesekan (bayangkan jika hujan terjadi seperti gelembung air yang besar yang turun dari langit), bumi akan menghadapi kehancuran setiap turun hujan. Berabe juga kalo begitu, satu pelajaran dari sini adalah juta harus memelihara alam ini agar atmosfer juga tetap menjaga kita (bayangkan jika sinar matahari dan hujan langsung menuju kita ?)


3. Pernah gak sih kita berfikir, kira-kira awan hujan itu berapa yah ketinggiannya ?? bagaimana kalo hanya setinggi gedung tingkat 10 ? kalau begitu gedung yang lebih tinggi tak kena hujan donk ??
fakta sebenarnya adalah Ketinggian minimum awan hujan adalah 1.200 meter


4. Lalu, bagaimana jika hujan sampai dibumi ?? Apakah Anda pernah melihat jatuhan air hujan di sebuah kolam ??
Tahukah Anda bahwa Efek yang ditimbulkan oleh satu tetes air hujan yang jatuh dari ketinggian tersebut sama dengan benda seberat 1 kg yang jatuh dari ketinggian 15 cm



5.Awan hujan pun dapat ditemui pada ketinggian 10.000 meter


6.Tahukah Anda ?? Dalam satu detik, kira-kira 16 juta ton air menguap dari bumi.


Jumlah ini sama dengan jumlah air yang turun ke bumi dalam satu detik. Dalam satu tahun, diperkirakan jumlah ini akan mencapai 505x1012 ton. Air terus berputar dalam daur yang seimbang berdasarkan “takaran”.


7. Pernahkah Anda mengamati langsung air hujan ?? Jika pernah pasti Anda menyadari bahwa
butiran air hujan berubah bentuk ratusan kali tiap detik



8. Apakah Anda sadar bahwa air hujan berbeda dengan air biasa yang kita minum ?
kalau butiran air hujan itu dibekukan akan membentuk keping kristal yg indah, tidak seperti air biasa yang di bekukan di freezer/kulkas


9. Pernahkah Anda mencium harum tanah setelah air hujan turun ?? yup,
setelah hujan turun, tanah, ilalang, rerumputan akan mengeluarkan bau wangi yg khas, senyawa ini dinamakan 'petrichor'




10. Dan fakta terakhir yang paling misterius. Saya sendiripun tak percaya apakah ini benar atau tidak ?? apakah ini adalah kekuatan alam ?? Bahkan hal ini sangat mengejutkan ilmuan.
Hujan memiliki kemampuan untuk menghipnotis manusia untuk me-resonansi-kan ingatan masa lalu. Dan tanpa bisa mendapatkan bukti ilmiah, para ilmuan hanya bisa menyimpulkan “Di dalam hujan, ada lagu yang hanya bisa didengar oleh mereka yg rindu”.

Mungkin Anda bertanya-tanya, apakah Resonansi itu ?? Resonansi itu gelombang yang di pancarkan dari suatu benda, lalu menimbulkan efek timbal balik jika membentur sestuatu. Dalam alam bisa kita lihat dalam ombak laut. Teori ini dipakai untuk frekuensi pemancar radio, tv, satelit, dll. artinya klo Anda sedang merindukan seseorang, maka akan memancarkan gelombang "pesan" yang akan di terima oleh yang di rindukan. Hujan membuat orang tersebut dapat merasakan kerinduan Anda, lalu akan mengirim "pesan" balasan. Hal semacam ini dapat dicontohkan dalam kehidupan modern seperti pesan singkat (sms)


Dan tentu, kadang orang-orang menjadikan hujan sebagai sumber inspirasi, karena dibalik hujan pasti ada pelangi yang indah.
Yang bisa diambil dari sini adalah Dibalik suatu kesedihan pasti ada keceriaan.

#sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

jangan lupa ya kasih komentar artikel ini ^^