Serbuan boyband K-pop tampak akan semakin ramai seiring bertambahnya grup baru. Tercatat sedikitnya ada lima boyband baru yang muncul dalam setengah tahun terakhir! Jadi, bersiaplah menghafal nama-nama yang terkadang mirip, memilih siapa yang anggota paling favorit dan tentunya, menebak siapa yang kira-kira akan jadi pasangan impian.

X-5
Grup X-5 terdiri dari Ghun (vokal/ketua), Haewon (vokal), Taefung/Typhoon (vokal utama), Zin (vokal/maknae), Sulhu (rapper). Mereka dikenal sebagai idola model gara-gara tinggi badan rata-rata mereka yang di atas 185cm. Single pertama mereka keluar pada tanggal 21 April kemarin, “Xenos”, dan berisikan empat lagu: “Xenos 5 (Intro)”, “The Show Is Over”, “Fantasy”, dan “Get Off Me”.

Beberapa anggota X-5 atau yang merupakan singkatan dari Xenos 5 ini sebenarnya sudah memiliki jam terbang yang cukup lumayan. Ghun dan Haewon sebelumnya tergabung dalam grup beraliran trot (genre musik lokal yang sangat populer), Chongsa3. Sedangkan Zin dan Sulhu sempat tergabung dalam boyband yang kini sudah bubar, Xing.

Di luar kesibukannya sebagai grup, kelima anggota X-5 ini mempunyai kegiatan pribadi yang tidak kalah uniknya. Ghun, misalnya. Ia sangat menggemari olahraga taekwondo dan pemegang ban hitam. Sedangkan Haewon, yang fasih tiga bahasa, punya hobi memasak. B1A4 Dok B1A4.com



Sebagai grup baru, X-5 bercita-cita ingin menjadi grup sebesar DBSK dan bisa keliling dunia memperkenalkan musik mereka. Yang terakhir ini, sudah mulai terwujud. Setidaknya di Indonesia, X-5 telah memperkenalkan musik mereka lewat ajang KIMCHI.

B1A4
Boyband beranggotakan Jinyoung (vokal/ketua), Baro (rapper), Sandeul (vokal utama), Gongchan (maknae), dan CNU (vokal) pertama kali diperkenalkan melalui kartun serial (webtoon) yang bisa ditonton lewat Internet. B1A4 debut melalui penampilan mereka menyanyikan single “OK” di MBC Music Core tanggal 23 April.

B1A4 merupakan singkatan dari Be The One, All For One. Dengan motto ini, Jinyoung dan kawan-kawan berharap dengan lima orang menjadi satu bisa memberikan yang terbaik. Arti lain dari nama grup ini juga bisa diartikan sebagai empat anggota grup mempunyai golongan darah A, sedangkan satu anggota dengan golongan darah B.

Orang Korea memang sangat memperhatikan golongan darah karena dianggap bisa menggambarkan kebiasaan atau sifat seseorang.

Dalam menggarap mini album pertama mereka “Let’s Fly”, B1A4 mengajak Lee Sangho, produser yang sebelum sukses menciptakan hit-hitnya Beast, T-ara, F.T. Island, C.N. Blue dan Lee Seunggi. Wheesung, penyanyi sekaligus pencipta lagu juga diajak menyumbangkan kemampuannya menulis lagu.

Beberapa anggota grup pun sudah mulai terlibat dalam proses kreatif lagu. Jinyoung, sang ketua grup, terlibat langsung dalam proses pembuatan lirik lagu. Sedangkan Baro bertanggung jawab atas semua rap di keenam lagu yang ada dalam album itu.

Block B
Block B adalah boyband beranggotakan tujuh orang yang terdiri dari Zico (ketua/rapper), Jaehyo (vokalis), Taeil (vokalis utama bersama U-Kwon), Kyung (rapper), B-Bomb (vokalis/penari utama), U-Kwon (vokalis utama) dan P.O (maknae/rapper). Nama grup mengambil dari kependekan kata Blockbuster. Dengan nama ini, mereka berharap juga bisa menjadi salah satu boyband yang terkenal.

Debut Block B dimulai dengan penampilan mereka di KBS Music Bank dengan menyanyikan lagu “Freeze”, salah satu dari tiga lagu yang terdapat dalam single pertama mereka, “Do You Wanna B?” Mereka baru saja mengeluarkan mini album mereka, “New Kids On The Block”, tanggal 23 Juni yang lalu.

Kabarnya, produser grup ini menghabiskan sekitar $ 1,4 juta untuk menciptakan boyband bergenre hip-hop ini dalam sebuah program populer “Creating Korea’s Eminem Project”. Untuk menambah daya tarik, sang produser mengajak artis hip-hop teratas Korea seperti Verbal Jint, Skull dan Rhymer. Sebagai boyband baru, ketujuh anggotanya kini tidak hanya aktif tampil di acara-acara musik tetapi juga program televisi lain seperti “Younha’s Starry Night” dan “Oh My School”.

Boyfriend
Boyfriend terdiri dari saudara kembar Youngmin dan Kwangmin, Donghyun, Minwoo (rapper), Seonho, dan Jungmin. Mereka pertama kali muncul di publik lewat penampilan mereka di Mnet Musicbank yang disiarkan 26 Mei yang lalu. Walau baru satu bulan, penampilan mereka tidak kalah dengan boyband senior. Single pertama mereka diberi judul sama dengan nama grup, “Boyfriend”.

Beberapa anggotanya dikenal sebelumnya karena sempat tampil di drama atau sering tampil di berbagai iklan atau video klip. Sebelum tergabung dalam Boyfriend, si kembar Youngmin dan Kwangmin ini telah membintangi hampir dari 300 iklan. Mereka juga muncul dalam drama “Saxophone and Mochi” yang dibintangi aktris Jung Ryeowon.

Kepopuleran si kembar ini terus menanjak. Walau baru satu bulan debut, mereka dipercaya untuk memandu satu episode “Music Core”, menggantikan MC reguler Onew dan Minho Shinee yang harus syuting di London. Ini sebuah tugas besar yang jarang dipercayakan kepada grup baru. Si kembar juga sempat tampil di “Happy Together” bersama senior mereka, Kim Hyun Joong.

Sedangkan rapper di grup, Minwoo, sempat tampil dalam video klip K-Will, “I Can’t Find The Words”. Cowok kelahiran 31 Juli 1995 ini bisa dibilang yang paling dikenal karena sejak kecil ia sudah merintis karier sebagai aktor anak dan tampil di beberapa drama dan film (“Eleventh Mom” dan “Mother”, bersama Won Bin).

N-Train
Debut N-Train dimulai dengan penampilan mereka menyanyikan single pertama, “One Last Cry”, di Mnet M!Countdown tanggal 26 Mei 2011. Debut Jungkyun (ketua/vokalis), Seunghyun (rapper), Soul J (vokalis), Sangwoo (vokalis), dan Yujin (vokalis) berbarengan dengan boyband baru lainnya, Boyfriend.

N-Train berada di naungan manajemen artis Medialine yang sebelumnya sukses mencetak penyanyi cewek sexy Chaeyoen.

Jungkyun sebelumnya sempat bergabung dalam grup Tachyon yang dikumpulkan lewat acara televisi “MBC Show Survival”. Namun, karir grup ini tidak berlangsung panjang. Jungkyun mengungkapkan setelah mengalami pergantian beberapa anggota dan sempat mengalami dua kali penipuan, format N-Train yang sekarang sudah solid dan siap debut. Selain sibuk dengan penampilan mereka di program musik, N-Train juga tampil di “Idol Adventure”, yang merupakan salah satu segmen program K-Wave Station.