leeffayoon

leeffayoon
SELAMAT DATANG di Blog gue ^_^ Semoga Bisa Menghibur Kalian... #sok imut!! najis lo!! asal lo tau ya , semua konten di sini cuma untuk lucu lucuan ! NGERTI??!!

Rabu, 27 Juli 2011

Tips menciptakan lagu bagus

Pada kesempatan ini izinkan saya untuk membagi pengalaman saya dalammenciptakan lagu. Awalnya, aya sama sekali gak kepikiran bisa membuat lagu, saya hanya ingin bisa bermain gitar. Tidak pernah terbayangkan bisa membuat lagu dan menyanyikannya bersama sebuah band. Lama-lama ko rasanya bosan juga ya, menyanyikan lagu orang lain terus. Entah bagimana prosesnya, yang jelas saya langsung berpikir untuk membuat lagu.
Saya pertama kali menciptakan lagu ketika itu kira-kira ketika saya duduk(dan berdiri) di kelas 2 SMP di kampung nun jauh disana.
Baiklah, tidak usah terlalu panjang berbicara mengenai sejarah. Lebih baik kita fokus ke topik posting kali ini yaitu tips dalam menciptakan sebuah lagu. Perlu diingat, tips ini merupakan cara saya. Setiap orang mungkin berbeda. Saya dan Glenn Fredly mungkin berbeda dalam menciptakan sebuah lagu.

1. Bagi saya senjata utama dalam menciptakan lagu adalah mood. Bagaimanapun keinginan saya untuk menciptakan lagu, jika mood sedang jelek, maka akan susah membuat lagu yang bagus. Jangankan menciptakan lagubagus, membuat satu lagu utuh pun belum tentu bisa dilakukan jika mood kita sedang jelek. Namun hal ini sering saya akali agar mood ini datang dengan sendirinya. Agar mood kita baik bisa kita lakukan dengan memikirkan hal-hal menyenangkan ataupun hal-hal menyedihkan. Atau mood juga bisa muncul dengan menciptakan lagu ditempat-tempat yang tidak bisa, seperti menyendiri di atas atap rumah, di kamar orang lain, teras rumah yang lengang, kamar mandi, pantai, puncak gunung, menyendiri di tempat terbuka pada malam hari ketika langit cerah atau bisa juga ketika turun hujan. Pokonya tempat2 yang tidak bias deh.

2. Dalam menciptakan lagu, usahakan kita sendirian, tanpa ada gangguan dari siapapun agar kita bebas berekspresi tanpa malu-malu.

3. peralatan lain yang bisa melengkapi adalah, alat musik sebagai pengiring. Saya biasa menggunakan gitar

4. Alat perekam. Dulu waktu handphone masih merupakan barang mewah, menciptakan sebuah lagu perlu ingatan kuat. Tak jarang saya harus mengulang beberapa kali hingga hapal banget diluar kepala setiap bait lagu yang telah diciptakan. Tak jarang nada yang sudah tercipta hilang begitu saja karena lupa. mIsalkan kita menciptakannya malam hari sebelum tidur, keesokan pagi nya sudah lupa. Namun sekarang dengan kecanggihan handphone ini, dengan fasilitas perekam suara, kita bisa langsung merekam setiap bait lagu sehingga tidak perlu takut untuk lupa.

5. Alat tulis. Untuk mencatat lirik lagu ciptaan kita. Saya terkadang menciptakan lagu dengan menciptakan lirik terlebih dahulu, terkadang juga secara spontan mendendangkan kata2 bersama dengan nadanya, kemudian dicatat. terrkadang juga saya meminjam lirik orang lain atau puisi dan kemudian setelah jadi lagunya, tinggal diganti dengan lirik ciptaan kita sendiri. Pertama kali menciptakan lagu saya meminjam puisi dari chairil anwar.maklum masih awam dalam membuat puisi. hehehe

6. Menentukan jenis musik dan irama serta lagu orang lain sebagai acuan. Namun perlu diingat, ini hanya sebagai acuan. Jangan sampai melakukan plagiat. Kita harus menjaga originalitas lagu yang kita ciptakan. perlu diingat, jangan memaksakan agar lagu anda tersebut harus mirip dengan lagu orang lain. tetap jaga orisinalitas lagu anda. Jika anda menciptakan sesuai dengan jiwa anda, yakinlah lagu tersebut bisa bagus


7. jangan takut untuk mempublikasikan lagu yang telah kita ciptakan ke orang2 terdekat untuk mendapat penilaian orang lain terhadap lagu kita. Tetaplah percaya diri jika penilaian orang sekitar kita menganggap lagu kita kurang bagus karena setiap orang punya selera musik yang berbeda-beda. Atau anda juga bisa mempertimbangkan bagian2 tertentu untuk di aransemen ulang yang dianggap kurang enak menurut orang lain. tapi jika menurut anda itu sudah pas, tetap lah pada pendirian.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

jangan lupa ya kasih komentar artikel ini ^^