leeffayoon

leeffayoon
SELAMAT DATANG di Blog gue ^_^ Semoga Bisa Menghibur Kalian... #sok imut!! najis lo!! asal lo tau ya , semua konten di sini cuma untuk lucu lucuan ! NGERTI??!!

Kamis, 21 Juli 2011

Anggrek Langka Terbesar Dunia Mekar di Mukomuko, Bengkulu

BENGKULU, INDONESIA, Berita Manycome.com - Anggrek terbesar di dunia, Grammatophyllum Speciosum yang disebut juga Anggrek Tebu ditemukan mekar di dalam kebun durian milik warga Desa Sungai Ipuh, Kecamatan Selagan Raya, Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu.



`Terakhir mekar tahun 2007 tapi sekarang berbunga lagi dan ukurannya lebih besar,` kata Barlian, warga setempat yang menemukan bunga mekar tersebut.

Anggrek Tebu atau juga dikenal Anggrek Harimau masih banyak ditemukan di dalam kawasan hutan di sekitar desa mereka, juga tumbuh sebagai tanaman efifit di pohon durian milik warga. `Kebetulan yang berbunga sekarang mekar di tanaman durian yang sudah tua, rumpun bunga ini juga sangat besar,` tambahnya.

Dari pengamatan, bunga tersebut mulai mengeluarkan tangkai bunga pada Juni 2011 yang diperkirakan mekar pada September atau Oktober tahun ini juga. Dari satu tangkai bunga, muncul 27 bakal bunga yang saat ini panjangnya 40 cm hingga 60 cm.

`Panjang tangkai bunga ini akan bertambah karena biasanya mencapai 150 cm hingga 170 cm,` tambahnya.

Barlian yang juga menangkar anggrek hutan ini mengatakan bunga tersebut membutuhkan waktu satu tahun mulai dari proses mengeluarkan tangkai bunga sampai buahnya masak. Grammatophyllum ditangkarnya di pekarangan rumah yang ditumbuhkan pada pohon kelapa juga mulai mengeluarkan tangkai bunga.

Rumpun yang besar merupakan kekhasan bunga tersebut. Jumlah batang anggrek yang ditangkar mencapai 250 batang yang panjangnya bervariasi mulai satu meter hingga 3,5 meter.

`Bunga yang saya tangkar di pekarangan juga terakhir mekar pada 2007, sekarang mekar lagi setelah empat tahun,` ujarnya.

Jika mekar, bunga tersebut bisa bertahan selama dua hingga empat bulan. Barlian mengatakan kelestarian bunga langka itu semakin terancam dengan aktivitas perambahan hutan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

jangan lupa ya kasih komentar artikel ini ^^