leeffayoon

leeffayoon
SELAMAT DATANG di Blog gue ^_^ Semoga Bisa Menghibur Kalian... #sok imut!! najis lo!! asal lo tau ya , semua konten di sini cuma untuk lucu lucuan ! NGERTI??!!

Sabtu, 06 Agustus 2011

5 Tanda Anda Lebih Sehat dari yang Anda Kira

 
KOMPAS.com - Anda merasa aktivitas dan kebiasaan Anda begitu tidak sehat? Ah, masa? Seringkali kita terpaku pada ukuran angka yang disarankan pada hasil penelitian di majalah, sehingga bila tidak memenuhi angka tersebut merasa diri kita tidak sehat. Padahal, melakukan beberapa kebiasaan yang menyenangkan, seperti makan siang bareng-bareng keluar kantor, ternyata bisa mendongkrak mood Anda! Lalu apa kebiasaan lain yang bisa menunjukkan bahwa Anda sebenarnya sudah cukup memperbaiki kesehatan Anda?

Anda minum tiga cangkir kopi sehari
Minum tiga cangkir kopi yang masing-masing berukuran sekitar 230 ml setiap hari ternyata dapat mengurangi risiko penyakit Parkinson dan Alzheimer hingga 40 persen dan 20 persen. "Sudah cukup banyak studi yang telah dilakukan, sehingga kami bisa menyampaikan hal ini dengan yakin," ujar Michael Roizen, MD, kepala divisi anestesiologi di Cleveland Clinic, Ohio.

Namun, tak sembarang kopi bisa memberikan manfaat ini, melainkan hanya kopi hitam tanpa gula. Untuk mendapatkan manfaat kafeinnya lebih banyak pada sore hari, minumlah dua atau tiga cangkir teh. Dengan minuman ini Anda bisa mengurangi risiko kanker indung telur hingga 46 persen, demikian menurut studi baru dari Swedia.

Anda tak pernah tidur 8 jam sehari
Memang tidak harus, karena tidur tujuh jam sebenarnya sudah yang paling baik. Menurut sebuah studi pada tahun 2002, terlihat bahwa pria dan wanita yang tidur sekitar tujuh jam dalam semalam memiliki tingkat kematian terendah.
"Rata-rata perempuan tidur sekitar 6,5 - 7 jam, yang mendekati waktu ideal," ujar Daniel Kripke, MD, profesor psikiatri di University of California at San Diego. "Kami mendapati peningkatan risiko kematian sedikitnya 15 persen di antara perempuan yang tidur lebih dari delapan jam atau kurang dari empat jam."
Menurut Kripke, kalau Anda tidur enam atau tujuh jam dalam semalam dan bangun dalam keadaan bugar, maka tak ada yang perlu dikhawatirkan. Agar tubuh makin bugar, usahakan berolahraga pada pagi hari. Perempuan yang berolahraga lebih dari 30 menit setiap pagi risiko gangguan tidurnya akan berkurang 60 persen dibandingkan pada hari-hari dimana Anda tidak latihan.

Anda selalu sarapan sereal
Sereal ternyata punya banyak manfaat yang tak terduga. Orang yang biasa makan sereal akan merasa lebih positif, mampu melakukan tugas-tugas yang berkaitan dengan memori lebih baik, tidak stres, dan mempunyai mood yang baik, dibandingkan mereka yang hanya menyeruput kopi untuk sarapan, demikian menurut penelitian dari University of Bristol, Inggris. Sereal juga dipercaya mampu melawan flu; mereka yang rajin mengonsumsi bahan makanan ini lebih sedikit yang mengalami gejala penyakit saluran pernafasan.
Kandungan serat yang tinggi pada dedak juga membantu mengurangi kelelahan dan meningkatkan energi. Sebagian produk biasanya juga diperkaya dengan mikronutrien seperti folat dan magnesium, sehingga membantu meningkatkan sistem kekebalan. Untuk menambah cita rasanya, sekaligus manfaat kesehatannya, tambahkan segenggam buah-buahan seperti blueberi dan setengah potong pisang pada mangkuk sereal Anda.
Anda membaca suratkabar pagi hari
Selagi Anda berusia 20 dan 30-an, rajin-rajinlah membaca dan menyerap informasi. Sebab, periode tersebut adalah yang terbaik dalam hidup seseorang untuk membangun sel-sel otak. Selanjutnya, Anda akan kehilangan sekitar 1 persen dari sel-sel otak saat usia Anda menjelang 40 tahun, ujar Zaldy Tan, MD, direktur Memory Disorders Clinic di Beth Israel Deaconess Hospital, Boston, dan penulis buku Age-Proof Your Mind.
Aktivitas yang mengasah mental seperti membaca, dan memainkan alat musik sedikitnya tiga kali dalam seminggu bisa mendorong perkembangan sel-sel baru dan koneksi saraf dalam otak. "Mereka yang mengisi TTS empat hari dalam seminggu, risiko perkembangan penyakit Alzheimer-nya akan menurun hampir 50 persen dibandingkan mereka yang hanya melakukannya sekali dalam seminggu," tukasnya.

Anda makan siang di luar kantor
Makan siang sambil tetap menatap layar komputer di meja kerja tidak akan membuat Anda terkesan lebih rajin, malah membuat Anda tidak sehat. Manfaatkan saja jam istirahat siang Anda dengan makan di luar bersama teman-teman. Cahaya matahari bisa meningkatkan mood Anda, membuat tubuh lebih hangat dan segar, membuat Anda lebih produktif sampai sore, dan mungkin juga membantu mencegah penyakit. Bila sinar matahari terlalu terik, lindungi wajah Anda dengan topi atau payung agar tidak malah terkena risiko kanker kulit.
Datangi warung atau restoran dimana Anda ingin menikmati makan siang dengan berjalan kaki. Menurut studi dari Harvard Medical School, perempuan yang berjalan kaki sekitar setengah jam sehari bisa mengurangi risiko penyakit jantung hingga 35 persen.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

jangan lupa ya kasih komentar artikel ini ^^